Friday, September 11, 2009

[Lifestyle] BB-FEVER


Sejak Blackberry (BB) sukses di pasaran dunia, termasuk indonesia tercinta ini demam BB. Mo ABG sampe orang tuwir sekalipun, berbondong2 pada ganti hape lamanya dengan Mr. BB itu. Gak bisa beli yang baru, yang second no problem. Asalkan jangan bekas kelindes kereta aja. Yang penting BB alias bisa bergaya. Wong BB refurbish aja disikat juga, selagi enggak tau kalo itu hasil permakan tangan kreator2 orang kita. "Pusing neh, anak gue yang baru SD kelas 5 aja dah ngerengek minta BB," keluh Ridwan, rekan di kantor yang kebetulan punya jabatan rada lumayan. Setingkat manajer cuy!
Katanya, daripada anaknya mogok belajar, ya mau enggak mau dibeliin juga. "Mudah-mudahan aja, nilai raportnya bagus!" harap Ridwan lagi. Kalo nanti malah jeblok gara-gara BB-an mulu, males belajar gimana, bos? hahah..
Ridwan mungkin satu dari ribuan, bahkan jutaan bapak2 di Indonesia yang ngeluh begitu. Karena di luar sana, pasti banyak bapak lain yang juga komplain hal sama.
Buat yang berkantong tebel, mungkin gak masalah. Buat yang kantongnya cekak? Tambah puyeng, dahhh....
TApi untungnya hal ini dimanfaatin sama distributor2 atau importir hempon lain. Mereka rame2 ngimpor sekaligus ngejualin BB generik (tampilannya aja kayak BB, ada qwerty, bisa facebook, dll), tapi fitur dan fasilitas ya jauh lah, cuy. Wong dari harga juga beda, kok. Hape alternatif (di luar merek2 yang kadung beken di sini, kayak Nokia, Sonyericsson, LG, Samsung dll) ini ada yang katanya merek Cina, Korea, Amerika dan masih banyak lagi. Kalo udah gini, media yang diuntungkan, karena importinya akan beriklan di media.
Maka belakangan pun muncul hape Nexian bergaya BB, K-Toch, Tiphone dan masih banyak lagi. Tawarannya juga macem2, ada yang bisa facebook, dual GSM, TV Tuner, Keypad qwerty dan lain. Harganya juga menggiurkan, berkisar Rp 800 ribu - 1,5 juta... uhuyyyy... Kalo udah dikasih casing silicon sih, sekilas susah bedain mana yang BB asli ma BB wanabe.. heheh Tapi it's okelah... tawaran ini bisa jadi pelepas dahaga buat yang pengin ikut gaya juga. Daripada gak bisa gaul lewat facebook, kan?

MOTOR CINA
Ingat Hape alternatif jadi inget motor Cina. Kasusnya sama, saat motor Jepang menangguk sukses penjualan produknya di Tanah Air, menggoda pebisnis lain (yang sebelumnya gak main motor), malah terjun ke dunia otomotif. Mereka ramai2 ngimpor motor cina (motcin) dan dijual di sini. Tahun 2000-2006-an Indonesia pun kebanjiran motcin dengan berbagai merek. Ada inilah, itulah, sampe bingung milihnya. Uniknya, motcin pun dibeli konsumen Indonesia. Lagi-lagi, unsur ekonomis jadi alasan utama mereka menebus motor yang kerap kali dituding berkwalitas di bawah rata-rata. SEorang teman sempat ngeluh, kata dia, "Model sih sama seperti produk Honda. Tapi kualitas komponen, kok kayak warteg, ya?" Hahahah.. ya iyalah bos.. duit kan gak bohong...
Tapi apapun alasannya, ya tetap aja motcin bisa lumayan sukses berdagang di negeri ini untuk beberapa tahun.
Tapi akhirnya, lama-lama, mutu juga yang menyeleksi mereka. SAtu per satu, produsen atau perakit motcin mulai rontok. Kalo yang modalnya ngepas mah, udah gulung tikar setelah dua tahun jualan. Setelah itu, pembeli yang dibikin kalang kabut. Ke mana mau servis atao beli spare partnya?
Nah, balik ke soal hape alternatif di atas, apakah mungkin nasibnya sama seperti motcin? Artinya cuma ngetren sesaat aja. Setelah itu rontok satu per satu. Tapi kalo pun hal ini terjadi, kayaknya enggak separah motor. Karena harga hapenya pun gak terlalu mahal, kan? Selagi masih ada toko hape di ITC dan ada pembelinya, bisa jadi hape alternatif bisa diterima pasar.

No comments: