Monday, September 22, 2008

[Gue Bangetz] Bahagialah Yang Masih Punya Ortu


Kadang, kalo lagi ngelamun, gue suka keingetan nyokap and bokap gue. Maklum, mereka udah pada gak ada di dunia yang fana ini. Jadi, meski sekarang gue dah punya anak bini, tapi tetep aja kangen sama mereka. Lagi ngapain ya, mereka di alam baka? Itu pertanyaan bodoh gue kalo lagi bengong. Trus, gak terasa deh, mata gue berair.
Puasa tahun ini, gue udah tiga kali mikirin nyokap-bokap. Apalagi waktu ngeliat di tipi atau denger temen-temen pada nelponin orangtuanya di kampung. Ngabarin kalo lebaran tahun ini bakal pulang dua hari sebelum Idul Fitri tiba. Jadi pas hari raya, bisa sungkeman. Nah, sekarang, gue mo sungkeman ma sapa? Gak ada tangan-tangan keriput lagi yang bisa gue cium.
Gue sadar, waktu mereka ada, memang suka rada-rada cuek. Malah, kadang suka marah, kalo mereka sudah aneh-aneh permintaannya. Contoh, ujug-ujug bokap gue minta dibeliin kacamata baca. Soalnya yang kemaren framenya udah kendor. “Kalo dipake suka melorot. Jadi agak-agak kurang nyaman!” alasan bokap gue, waktu ditanya kacamata yang lama.
Kalo udah gitu, gue cuma bilang, “Ya.. entar!” Realisanya, ya tentu aja seiinget gue. Bisa dua bulan, tiga bulan. Tergantung ingetnya aja. Tapi bokap gue gak pernah marah. Atau berusaha ngingetin lagi. Dia sih, cukup sekali aja minta. Masalah dikasih atau enggak, ya dia pasrah aja. Kalo udah gitu gue baru sadar. Betapa pelitnya, gue sama bokap. Padahal, keringet dan tenaga untuk ngidupin gue sampe bisa kerja pasti gak kebayar tuh.
Nyokap juga gitu. Sebenarnya, dia juga ogah minta-minta sama gue. Karena tau, anaknya gak sekaya orang-orang. Paling dia cuma minta dibeliin kain, karena yang lama udah robek-robek. “Mak gak enak, kalo ngaji atau pergi ke kondangan tetangga, kainnya udah lusuh!” alasan Mak gue waktu itu. Jawab gue? “Tar ya Mak, saya lagi di luar kota. Nanti kalo sempet mampir ke toko kain dan beli!” Tapi ya itu, ngasihnya nanti sebulan atau dua bulan berikutnya.
Sama kayak bokap. Meski permintaannya gak langsung dipenuhi, nyokap tetap nyantai. “Gak papa. Mak tau kamu sibuk. Kalo soal kain mah, Mak masih bisa pakai yang lama!” katanya waktu gue nyerahin kain itu sambil minta maaf. Meski gue tau, matanya sempet berair. Gak ngerti apakah saat itu dia bahagai atau dia kesel karena nunggu kainnya lama dikasihin.
Kalo diinget-inget, saat masih ada ortu, gue emang gak mentingin banget. Huh.. betapa durhakanya, gue! Harusnya, gue sadar. Di saat-saat seperti itu (di hari tua mereka), gue harus lebih peduli sama mereka. Demi membayar sedikit apa yang udah dikorbanin buat gue. Bukannya malah gak peduli. Karena sekaya apapun kita, kalo udah gak ada ortu, rasanya percuma. Karena kita gak bisa ngajak mereka sedikit berbahagia.
Makanya, seperti gue bilang di atas. Saat-saat lagi bengong, suka keingetan sama mereka.Inget sama dosa-dosa dan kebodohan gue waktu itu. Sekarnag bingung! Gimana cara ngebahagiain mereka. Toh, sekarang cuma ada dua onggok tanah merah yang di atasnya tertulis nama masing-masing; nyokap dan bokap gue.
Hmmm... berbahagialah mereka yang masih punya nyokap dan bokap. Meski mereka di hari tua suka ngejengkelin, tapi harus dilayani. Bukankah waktu kita kecil dan ngejengkelin, mereka yang ngerawat? Saat sakit, kecewa, sedih, bahagia, ortu selalu berusaha ada di sisi kita. Sayangilah mereka, layaknya kau menyayangi diri sendiri.
Mak... Pak... Salamku dari jauh. Minal Aidin wal Faidzin, mohon maaf lahir batin!

No comments: