Thursday, September 25, 2008

[Me&Friend's] Baru Pulang, Mas?


Bujubuneng..... lama gak buka-buka email (selama ramadhan, sih) mailbox gue penuh be’eng. Udah kayak bantar Gebang aje. Fuuullll! Isinya ada yang nawarin kongsi bisnis buka kafe, nanggepin tulisan gue, nawarin obat kuat (kalo ini sih, spam, kali ye), nawarin motor bekas sampai janda bekas, ups...
Tapi paling ngegoda, email dari Ludi, temen lama gue. Waktu kita masih kerja bareng di sebuah perusahaan jasa pengiriman barang 10 tahun lalu. Gue tau dia, orangnya emang ekstrim banget, pikirannya susah diprediksi, tapi suka masuk akal juga sih. Contoh, kata-kata dia yang masih gue ingat, “Berapa yang bos kasih (gaji, maksudnya), ya segitu tenaga yang kita keluarin!” Waktu itu, konteksnya, kita lagi ngomongin soal naik gaji sama bos. Abis dah bertahun-tahun kerja, masak disamain sama standarnya UMR. Padahal kerja kita dah kayak supermarket. Semua ada!
Karena rada bingung, gue balik bertanya, maksudnya apa? “Bukannya teori dalam dunia kerja begitu. Tapi pada praktiknya, karyawan yang dibegoin mulu?”
"Ya makanya. Kita juga jadi kuli jangan sampe jadi sapi perahan!” kata dia bersemangat ’45. “Harus adu licik sama bos!”
Itu belom seberapa. Pernah terjadi hal lucu (menurut gue, lo), saat gue sama Ludi ngekos bareng di daerah Pejuangan, Kebon Jeruk. Suatu malam, dia izin pulang duluan. Katanya, pusing. Mau tidur-tiduran. Tapi gue curiga, takutnya terjadi hal-hal yang gak diinginkan. Kayak mokat, mendadak gituh.. kan gue juga yang repot, diintrogasi pak polisi. Tapi ya meski khawatir, gue biarin aja dia pulang duluan. Lagian, jarak dari rumah kost ke kantor kita deket, kok.
Jam 12-an malam (sejam setelah Ludi pulang), gue ngerasa gak enak banget. Gak ngerti, apa mikirin pacar gue, orangtua atau si Ludi. Jantung gue deg-degan tak menentu. Tadinya gue sempet mikir, jangan-jangan kita bedua udah keracunan atau diracun bos kita nih (abis, masak sakitnya gantiian ma dia). Siapa tahu, lewat air mineral di ruangan kita dicampur arsenik. Hihih.. horor amat, ya..
Buat mastiin, gue sampe ngamat-ngamatin gelas minum gue yang masih nyisain air putih setengah. Gue cium-cium, gak bau mencurigakan, kecuali bau bibir gue sendiri. Hehehe... kalo yang itu sih, gue kenal banget, deh. Gue terawang, juga gak ada warna-warna mencurigakan. Apakah itu butek-butek, kayak yang diberitain TransTV soal air minum yang diolah dari kali ciliwung.. Doohh, hoek.. kok gue jadi eneg, nih!
Gak tahan sama pening di kepala, gue akhirnya cabut jam 12:15 dari kantor. Tapi gak nyampe 15 menit, gue udah sampe deoan gang rumah kos-kosan. Kan gue pakai motor. Mesinnya dah gue matiin dari radius 3 meter, biar gak ngeganggu penghuni lain. Artinya motor harus didorong ke dalam, menyusuri gang sampai ke depan pintu rumah petak yang gue sama Ludi tempatin. Busyet, dorongnya aja sampe 100 meter.
Fiuuuhh...... akhirnya nyampe juga ke rumah petak. Dari jarak 5 meter, gue liat pintu kos kebuka. Mungkin si Ludi lagi ngobrol sama temannya. Itu makanya, kenapa dia pulang duluan. Kalo tadi izinnya pusing, mungkin cuma akal-akalan dia aja, kali. padahal sih, pengen ketemu temennya.
Saat gue ngedorong motor ke ruang dapur, sempet berpapasan sama temennya itu. Pemuda seumuran gue lah (twentiy somethhing). Dia nenteng tas rangsel lusuh warna biru tua. Gayanya sih klemer-klemer sopan. Buktinya waktu gue masuk, dia mempersilakan. Ya iyalah... secara gue yang punya rumah, kok. Gue juga sempet denger kalo dia negor sambil nanya, kalo gue baru pulang?
“Ludinya, mana?” tanya gue, setengah berteriak dari dapur. Tapi mungkin dia tau, kalo gue tuh cuma basa-basi. Pertanyaan itu gak dia jawab. Atau mungkin dia udah jawab, tapi gue gak sempat dengar. Tapi gue masih bisa ngerasain kalo tu orang masih di teras rumah gue. Mungkin ngobrol sama si Ludi.

Tubi kontinyud.... mo buka puasa dulu ye..

No comments: