Thursday, January 24, 2008

BAJAJ 200 DTS-i


Kabar asyik buat motormania yang niat ganti motor sport, beli baru atau malah nambah koleksi kuda besi di rumah. Karena sekarang ada tawaran baru lagi dari PT Bajaj Auto Indonesia (BAI). Setelah sukses menjual tipe Pulsar 180 DTS-i, beberapa waktu lalu (21/1), diperkenalkan lagi untuk tipe yang 200 cc. Namanya tetap Pulsar dan pake embel-embel DTS-i.
Secara tampilan, emang so-so dengan kakaknya yang terdahulu. Hanya saja, produk yang di pasar dalam negeri bakal head to head dengan Honda Tiger 200 Revolution ini ini menawarkan beragam fitur yang lebih yahud. Selain kapasitas mesin lebih gede, dari panel indikator digitalnyua menawarkan petunjuk saringan udara. Kalo sudah mulai kotor, akan nyala.
Lainnya, pakai pendingin udara oli, ban gede dengan paduan lengan ayun oval. Sehingga mampu memantapkan manuver-manuver radikal. Harga on the roadnya juga Cuma 20 jeti. Artinya beda 3 jeti dibanding 180 cc. Posisi setang lebih rendah dikolaborasi desain tangki lebih sporty ber-air fin kayak Tiger, Pulsar 200 membuat terkesan sporty abis.
“Yup, ini memang untuk pasar anak muda. Karena dari riding posision, juga beda dibanding 180 cc,” kata K.S Grihapathy, presiden director BAI saat acara pelucuran. Apalagi, jok juga sekarang sudah model dobel, enggak seperti tipe lama yang masih menyatu. Kalo dari harga, untuk motor sport, rasanya Pulsar 200 bisa jadi pilihan buat motormania muda.
Pulsar 200 juga menawarkan empat warna pilihan; hitam, biru, merah dan silver. Dari tes yang dilakukan tabloid Otomotif, akselerasinya tercatat 4,50 detik (0-60 km/jam), 7,22 detik (0-80 km/jam), 7,49 detik (0-100 km/jam) dan 11, 54 detik (0-201 meter). Secara keseluruhan, disimpulkan tenaganya lumayan oke kok, untuk perjalanan jarak jauh. Kenapa?
Karena power Pulsar ini baru akan terasa di putaran menengah ke atas. Tenaganya enggak habis-habis, bahkan cenderung menggelegak (6 ribuan RPM). Sementara untuk putaran bawah, agak kurang responsif. Selain itu, radius putarnya terlalu pendek, sehingga agak merepotkan, apalagi buat yang baru pakai jenis sport, pakai nyelip atau belok tiba-tiba agak repot.

Data spesfikasi:
PULSAR 180 DTS-i PULSAR 200 DTS-i
Tipe mesin 4-Tak, 1 silinder, SOHC 4-Tak, 1 silinder, SOHC
Sistem pendingin Udara Udara + oil cooled
Volume silinder 178.6 cc 198,8 cc
Bore x Stroke 63,5 x 56,4 mm 67,0 x 56,4 mm
Rasio kompresi 9,5 : 1 9,5 ± 0,5 : 1
Tenaga maksimum 16,29 dk di 8.000 rpm 17,77 dk
Torsi maksimum 15.22 Nm pada 6.000 rpm 17,17 Nm
Sistem pengapian Digital CDI (mikroprosesor) Digital CDI (mikroprosesor)
Transmisi 5-speed/1-N-2-3-4-5 5-speed/1-N-2-3-4-5
Starter Kick + electric Electric
Sistem knalpot Exhaust TEC Exhaust TEC
Digital control Tidak Ya
Suspensi depan Teleskopik (135 mm) Teleskopik (130 mm)
Suspensi belakang Swing arm, sokbreker ganda Swing arm, sokbreker ganda
Sistm sok belakang NitroXShockers NitroXShockers
Rem depan Cakram hidrolik, 240 mm Cakram hidrolik, 260 mm
Belakang Tromol, 130 mm Tromol, 130 mm
Jenis pelek/ukuran Racing & jari-jari/17" Racing/17"
Ban Depan Ban dalam, 2.75x17, 41 P Tubeless, 90/90x17, 49 P
Belakang Ban dalam, 100/90-17, 55 P Tubeless, 120/80-17, 61 P
Sistem Kelistrikan 12 V (AC + DC) 12 V (AC+DC)
Aki 12 V 19Ah - Tipe MF 12 V 19Ah - Tipe MF
Dimensi P x L x T 1.990 x 750 x 1.090 mm 2.035 x 750 x 1.165 mm
Jarak sumbu roda 1.320 mm 1.350 mm
Jarak ke tanah 165 mm (minimum) 165 mm (minimum)
Berat kosong 143 kg 145 kg
Bahan bakar Bensin tanpa timbal Bensin tanpa timbal
Kapasitas tangki 15 L (3.2 L cadangan) 15 L (3.2 L cadangan)
Lampu belakang LED LED
Model jok Singel Terpisah
Harga OTR Rp 17 juta (CW) Rp 20 juta

Note: dicomot dari Otomotif edisi 38

No comments: