Thursday, January 24, 2008

TVS RTR 160 LAUNCHING FEBRUARI 2008


Sejak kehadirannya di Tanaha Air tahun lalu, pendatang baru; TVS, sepak terjangnya cenderung lamban kalo dibanding pesaingnya yang sama-sama dari India; Bajaj. Bisa jadi, pabrikan yang satu ini punya strategi-strategi tersendiri untuk merebut hati konsumen motor yang belakangan makin kayak konde ibu-ibu. Kusyutttt and padet, bow..
Namun tampkanya, tahun ini, TVS akan mulai melancarkan aksi-aksi serangannya. Di antaranya, setelah memantapkan penjualan bebeknya TVS Neo (di beberapa daerah pulau Jawa dan di luar Jawa), sebentar lagi akan merilis Apache RTR 160. Besutan tipe sport berkapasitas 160 cc yang akan dipasangkan menandingi kekuatan Honda Mega Pro 160.
Menurut kabar dari pihak yang bertanggung jawab di TVS, Apache akan dilaunching awal Februari ini. Kisaran harganya bersaing dengan Mega Pro atau sekitar Rp 17-18 jutaan. Maklum, biasanya produk pesaing akan memasang harga yang lebih menggiurkan. Seperti dilakukan Bajaj dalam mengobrak-abrik pasar lokal, kan?
Meski begitu fitur yang ditawarkan Apache cukup menggoda. Misal, tampilan sporty. Mulai pelek racing, cakram depan model kembang, spidometer digital dan lainnya. Sedang mesin model over squarenya; bore x stroke (62 x 52,9 mm), mampu menghasilkan tenaga maksimum 11,19 KW (15,2 dk) pada 8.500 rpm dengan torsi maksimum 13,1 Nm pada 6.000 rpm.
Motor sport India berkapasitas 160 cc ini, sempat dipamerin di ajang Jakarta Fair 2007. “Karena Neo sudah cukup dikenal, kami pun mulai yakin bisa mengenalkan tipe lain. Ya seperti Apache ini,” kata K Vijaya Kumar, director sales & marketing PT TVS Motor Company Indonesia pada penulis. “Permintaan konsumen juga cukup tinggi, saat di PRJ!”
Mampukan RTX ini menyaingi ketangguhan Mega Pro?

Mesin : 4 Stroke, 159.7 cc, Single
Max Power : 11.19 KW (15.2 bhp) @ 8500 rpm
Max Torsi : 13.1 Nm @ 6000 rpm
Bore x Stroke : 62 mm x 52.9 mm
Rasio kompresi : 9.5:1
Karburator : Mikuni BS-26
Katup : 2 katup, kem tunggal
Katup/silinder : 2 Valves
Power to weight ratio : 111.76 bhp / ton
Starter : Electric & Kick Start
Putaran mesin idle : 1.400 rpm
Pengapian : IDI-Dual mode digital ignition
Kapasitas oli : 1000 ml
Kopling : Basah, multi pelat
Gigi primer : 65/21
Gigi final : 44/13

Rangka tipe : Double Cradle
Suspensi depan : Teleskopil, langkah 105 mm
Suspensi belakang : Monotube Inverted Gas filled shox (MIG) dengan pegas
Sudut kemudi : 25.5°
Rem depan : 270 mm Petal Disc
Rem belakang : 130 mm teromol
Pelek depan-belakang : TVS 1.85 x 17” dan 2.15 x 18”
Ban depan belakang : TVS 90/90 x 17” dan 100/80 x 18”
Kapasitas tengki : 16.0 liter (2 liter cadangan)
Panjang : 2.020 mm
Lebar : 730 mm
Tinggi : 1.050 mm
Sumbu roda : 1.300 mm
Tinggi jok : 790 mm
Ground clearance : 180 mm
Berat : 136 kg
Akselerasi : 0-60 km/jam 4.80 detik
0-100 km/jam 17.69 detik
0-100 meter 7.91 detik
0-400 meter 19.70 detik
30-80 k,/jam (gigi 4): 11.84 detik
30-80 km/jam (gigi 5): 15.68 detik
Kecepatan maksimum : 118 km/jam

No comments: